Uncategorized

Setelah Berbulan-bulan Penumpukan, Bitcoin Akhirnya Tender Sah di El Salvador

FacebookIndonesiaredditpinterestterhubungsuratoleh bulu

Bendera El Salvador

Setelah hampir satu tahun menumpuk, Bitcoin sekarang resmi menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador. Presiden Nayib Bukele mengkonfirmasi sendiri, yang secara efektif mengirim pasar crypto dalam spiral ke bawah. Pada saat yang sama, obligasi negara El Salvador turun lebih dari 6%, dengan Bitcoin jatuh sekitar seperlima dari harga aslinya di lebih dari $50.000.

Itu adalah hari pertama yang bergelombang bagi negara Amerika Selatan itu. Peluncuran itu diselimuti oleh penurunan harga besar-besaran serta protes marah di jalan-jalan oleh warga yang tidak mempercayai saklar. Presiden Bukele semakin mengobarkan api ketika dia mengumumkan bahwa aplikasi resmi yang didukung pemerintah tidak tersedia di platform Apple dan Huawei. Kesulitan teknis dengan dompet digital Chivo kemudian diselesaikan, tetapi secara keseluruhan, peluncuran terhenti oleh banyak masalah.

“Langkah Maju yang Hebat”

Peluncuran Bitcoin resmi El Salvador tidak berjalan sesuai rencana. Ada lebih dari 1.000 pengunjuk rasa di jalan-jalan menentang keputusan pemerintah, dan kesulitan teknis dengan dompet Chivo mengaburkan peluncuran awal. Lebih buruk lagi, pasar crypto meledak tepat setelah peluncuran Bitcoin awal sebagai alat pembayaran yang sah di El Salvador, membenarkan keraguan banyak warga tentang volatilitas.

Namun, seperti yang dikatakan banyak orang, itu adalah langkah maju yang besar bagi El Salvador. Dengan langkah ini, El Salvador secara resmi menjadi negara pertama di dunia yang beralih dari uang kertas ke mata uang kripto. Itu adalah langkah yang sangat dikritik dan kontroversial. Presiden Nayib Bukele menarik saklar setelah Dana Moneter Internasional (IMF) menolak permintaan El Salvador untuk pinjaman $ 1 miliar.

IMF telah mengutip keuangan negara yang buruk sebagai alasan untuk menolak pinjaman pembiayaan, mendorong Bukele ke tepi jurang dan mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang resmi negara. Banyak yang percaya itu hanya gertakan, tetapi beberapa hari yang lalu, peluncuran itu dibuat resmi.

Setiap warga El Salvador mendapat $30 sebagai bagian dari peluncuran awal sehingga mereka dapat menguji kripto dan melihat cara kerjanya. Namun, dengan setengah dari populasi El Salvador tidak memiliki akses ke Internet atau telepon pintar, akan menarik untuk melihat bagaimana eksperimen itu bekerja.

Membeli Dip

Pada saat yang sama peluncuran ditayangkan, pasar crypto meledak. Setelah memegang tanah $ 50K selama beberapa hari, Bitcoin mengalami penurunan besar-besaran, menyeret cryptos lainnya bersamanya. Tepat di tengah kehancuran pasar, presiden Bukele mengumumkan bahwa mereka mengizinkan pemerintah untuk membeli 150 Bitcoin tambahan, sehingga jumlah totalnya menjadi sekitar 550 yang bernilai hampir $25 juta.

Menurut presiden sendiri, adopsi Bitcoin di El Salvador akan menyelamatkan negara sekitar $400 juta dalam biaya dan komisi pengiriman uang. Ini juga akan memberi orang yang tidak memiliki rekening bank akses ke layanan keuangan, meskipun masih belum jelas bagaimana hal itu mungkin dilakukan di daerah pedesaan.

Saat kebenaran untuk El Salvador akhirnya tiba. Hanya dalam waktu singkat, kita akan melihat apakah eksperimen itu membuahkan hasil atau negara pulau kecil itu meledak.

Postingan Setelah Berbulan-bulan Penumpukan, Bitcoin Akhirnya Tender Sah di El Salvador pertama kali muncul di BitcoinCasino.org.

Leave a Comment